Pidato John F. Kennedy

ya dia adalah tokoh idola saya, panutan meski ia adalah mantan Presiden Amerika Serikat, aku menyukai setiap langkah dan gerakan politiknya untuk memajukan negaranya menjadi negara yang lebih baik dan disegani. itulah mengapa rakyat Amerika begitu mengaguminya bahkan kepergiannya yang begitu tidak terduga membuat rakyatnya sangat mengenang jasa-jasa mantan presiden Amerika tersebut. inilah pidato yang mampu menggerakkan hati rakyat Amerika bahkan diseluruh dunia yang mendengarnya. (tapi enggak kalah juga dong sama Presiden Soekarno tentang pidatonya "10 pemuda" hihihi)
maaf sebelumnya, aku mendapatkan pidato tersebut sudah dalam bentuk terjemahan jadi kalian engga perlu khawatir translate pidato yang versi aslinya :D

"Jangan tanya apa yang bisa dilakukan negara untukmu; tanyalah apa yang bisa kamu berikan untuk negaramu."

John F. Kennedy

Pidato Pelantikan, Washington, 20 Januari 1961

Kita jangan pernah bernegosiasi atas dasar rasa takut. tapi kita jangan pernah takut bernegosiasi.

Mari kita menjajangi bersama hal-hal apa saja yang bisa menyatukan kita, dan kita atasi masalah apa saja yang memecah-belah kita.
Mari kita, untuk pertama kalinya, merumuskan usulan-usulan yang serius dan rinci bagi dilaksanakannya inspeksi dan kontrol persenjataan, dan meletakkan kekuatan absolut untuk menghancurkan negara lain dibawah kontrol absolut semua negara.

Di tangan Anda semua, para warga, terletak keberhasilan final atau kegagalan pemerintahan ini.

Marilah kita berusaha mengembangkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat, bukannya yang membawa teror. Mari kita jelajahi bintang-bintang, kita taklukan gurun pasir, kita hapuskan semua wabah penyakit, kita manfaatkan kedalaman laut, serta kita kembangkan seni dan perniagaan.
Jangan tanya apa yang bisa dilakukan negara untukmu; tanyalah apa yang bisa kau lakukan untuk negaramu.

Source: (Montefiore, Simon Sebag. 2006. Pidato-pidato Yang Mengubah Dunia. Jakarta: Penerbit Erlangga)

2 comments:

 

Ask.fm

Instagram

Meet The Author